Martina Felesia

 

Direction Map at Malioboro Street Yogyakarta

Hobi jalan pagi sepanjang Malioboro itu ada senangnya dan ada nggak senangnya.  Senang karena bisa menyusuri sepanjang selasar pertokoan tanpa gangguan.  Mau jalan cepat oke.  Mau gaya lari-lari anjing silahkan.  Mau gaya dikejar anjing beneran ya monggo.  Pokoknya kalau masih pagi itu Malioboro masih menjadi pilihan yang mengasyikkan untuk sekedar mencari keringat yang tak seberapa.  Nggak akan ada yang ngepoin karena kebanyakan orang yang ada di situ juga sama tujuannya.  Kalau bukan pendatang yang lagi menunggu siang untuk bisa check in penginapan, ya pasti para pencinta olah raga yang sedang semangat-semangatnya untuk sehat seperti diriku ini.

Nggak senangnya itu kalau pas lagi serius jogging di depan deretan toko yang masih pada tutup, tiba-tiba muncul bau menyengat di beberapa titik.  Bau tai kuda. Bisa jadi baunya berasal dari andong-andong yang sering mangkal sepanjang jalan kalau sore hari.  Meskipun sudah dibersihkan tapi baunya masih tertinggal banyak.  Padahal andongnya sendiri kalau pagi jarang terlihat.  Bisa dibilang tidak ada malah. Tapi baunya sungguh luar biasa.  Kalau sudah begitu ya mau tidak mau hanya bisa berpasrah sambil menahan nafas.  Sekaligus mencoba untuk menghilangkan 'bayang-bayang' benda yang menimbulkan bau menyengat itu ada.

Sebagai olah ragawati amatiran, aku sendiri nggak ada resep-resep khusus untuk mulai berolah raga. Kepengin olah raga ya berangkat.  Kalau pas lagi males ya olah raga di rumah saja.  Biasanya sih untuk pemanasan mulai dengan muterin alun-alun dulu.  Paling tidak satu atau dua kali putaranlah.  Kalau adrenalin sudah mulai terasa agak meningkat barulah melanjutkan langkah.  Karena olah raganya dilakukan sendirian, jadi harus agak ekstra hati-hati.  Yang penting tidak perlu memforsir diri.  Takutnya malah kebablasan.

Paling enak olah raga itu jangan terlalu siang mulainya.  Kalau terlalu siang panasnya nggak nahan.  Sudah gitu butuh persiapan agak lumayan.  Yang harus pakai pelembab wajahlah.  Yang harus oles sunscreen dululah. Ribet banget menurutku.  Kalau kemarin-kemarin aku mulai jam 6.30 pagi setelah anak-anak berangkat sekolah, sekarang-sekarang ini aku sudah berada di luar rumah meskipun mereka belum berangkat sekolah.  Kadang jam 5 pagi.  Kadang jam 5.30 ketika suasana masih agak sepi dan matahari masih intip-intip dari celah awan.  Yang penting urusan dengan anak-anak selesai aku berangkat.  Nggak usah pakai sunscreen-sunscreen an wong mataharinya saja masih malas-malasan.  Pulangnya pun biasanya masih aman.  Masih teduh mendayu-dayu kayak gitulah!

Jadi, yang punya banyak waktu luang seperti diriku, ayo olah raga!  Nggak perlu yang muluk-muluk sampai harus mengeluarkan esktra uang dan tenaga.  Olah raga yang santai-santai saja.  Yang murah meriah.  Yang penting badan sehat,dan  refreshing terpenuhi.  Usia bukan alasan untuk mager dan tidak segera melakukan perbaikan untuk mencapai tujuan.  Semangat!!

0 Responses