Martina Felesia

Aku sebenarnya paling malas memelihara binatang di rumah.  Malas bersih-bersih.  Itu sebabnya di rumah nggak ada kursi, nggak ada dipan, nggak ada bufet, dan lain sebagainya yang butuh waktu lama untuk membersihkannya.  Dengan isi rumah yang memang nggak ada isinya aku bisa leluasa menyapu, mengepel, dan bersih-bersih seperlunya. Cukup sat set rumah langsung bersih.  Tapi kalau ada binatang peliharaan kan sudah pasti beda ceritanya.  Harus tiap hari bersih-bersih rumah.  Biar nggak mambu.

Dulu waktu zaman corona, anak-anak antusias memelihara kucing.  Awal-awal sih mereka yang rajin kasih makan, rajin memandikan dan rajin membersihkan kotorannya.  Lama kelamaan tugas memandikan pindah jadi tugasku.  Urusan ngasih makan juga begitu.  Apalagi tugas memandikan.  Kalau aku nggak bergerak nggak ada satu pun yang bergerak memandikan kucingnya.  Lama-lama aku yang jadinya punya ikatan batin sama si kucing.  Padahal dari dulu aku nggak idola blas sama kucing.  Geli saja kalau sudah mulai ngglibet-ngglibet di kaki.  Tapi ujung-ujungnya mamak juga yang nangis bombay waktu si Kepin mati kena virus yang mematikan.

Selesai dengan kucing, kupikir urusan sudah selesai.  Ternyata tidak.  Belum setahun berlalu, bapaknya anak-anak membawa pulang anak anjing umur dua bulan.  Alasannya karena tidak ada lagi yang mau mengadopsi.  Karena kasihan akhirnya dibawa pulang.  Aku cemberut saja.  Bibirku maju tujuh senti.  Mulai membayangkan kerepotan dan keribetan mengurus binatang peliharaan lagi.  Kucing yang nggak bisa membesar saja ribet, apalagi anak anjing.  Pasti dia akan membesar dan nggak bisa digendong-gendong lagi.  Terus nanti kalau ditinggal-tinggal pergi kayak mana?  

Tentu saja manusia yang punya hajat, Pak DjokoWi, berusaha meyakinkanku.  Pokoknya urusan makan, dan urusan jalan-jalan akan menjadi tugasnya.  Tugasku hanya memandikan.  Waktu si Bungsu di rumah semua masih okelah.  Aku bisa minta tolong dia untuk memandikan kalau tidak sempat.  Tetapi semenjak dia di Jogja urusan mandi-mandi balik lagi jadi kerjaanku.  Mau nggak mau ya harus dimandikan.  Kek mana lagi.  Aku sendiri yang nggak bakalan tahan kalau punya binatang peliharaan bau.  Akhirnya, sekali lagi aku juga yang punya ikatan batin dengan Kleponius, anjing di rumah kami. 

Untuk urusan BAB dan BAK kedua binatang peliharaan kami sepertinya pandai-pandai meskipun tidak pernah makan bangku sekolah.  Kepin si kucing dulu kalau BAB selalu di kamar mandi.  Kalau kencing baru masuk ke kotak pasir.  Klepon beda lagi.  BAB nunggu waktunya keluar rumah untuk jalan-jalan malam.  Selagi belum jalan-jalan ya bisa saja dia tahan.  Jalan-jalannya harus malam karena yang punya baru bisa mengajaknya keluar setelah pulang kerja.  Selain itu kalau malam suasana di kampung pasti sudah agak sepi dan tidak terlalu banyak orang lalu lalang.   Urusan kencing dia akan masuk ke kamar mandi.  Hanya saja kelihatannya dia agak hobi kencing di bawah standar sepeda motor.  Minimal dalam satu hari adalah dia kencing di situ.  Seolah mau menandai bahwa standar sepeda motor itu adalah daerah kekuasaannya😂

Meskipun awalnya nggak suka nggak suka pada akhirnya toh aku juga orang yang paling cemas kalau binatang peliharaan kami belum mandi atau belum makan.  Kasihan! Rasanya sudah macam jadi mamak kucing dan anjing aku ini.  Dulu si Kepin sukanya manja-manja kalau aku di rumah.  Suka digendong-gendong.  Sekarang si Klepon juga begitu.  Maunya ngajak main terus mentang-mentang diriku di rumah selalu.  Kemanapun buntut ini pergi selalu diikuti.  Tapi begitulah memang suka dukanya punya binatang peliharaan.  Orang yang paling benci pasti jadi yang paling cinta.  Orang yang pertama paling cinta jadi yang paling mudah lupa.  Macam lagunya Diana Nasution itu loh. Sakitnya hati ini........tapi aku rindu......bencinya hati ini.....tapi aku rindu....💖😂

Meskipun dengan memelihara binatang aku jadi harus lebih rajin nyapu, ngepel, nyapu, dan ngepel lagi, aku nikmati saja.  Bisa jadi kucing atau anjing adalah kerumitan yang dikirimkan Tuhan padaku untuk bisa berlatih semakin sabar.  Semakin ribet semakin harus sabar. Sabar....sabar......(sambil ngelus dada) 😁

Label:
0 Responses